17 April 2015, Kelas Berbagi #38: Social Media Marketing

Categories: Liputan

17 April 2015, Kelas Berbagi #38, Social Media Marketing

Jakarta, 17 April 2015, Kelas Berbagi Q3 di Rumah Kemuning, Pasar Minggu kembali dilanjutkan. Kali ini kelas berbagi Q3 mengusung tema “Social Media Marketing”. Kelas Berbagi ini difasilitasi oleh Heri Bertus yang berprofesi sebagai internet marketing.

Heri Bertus membuka Kelas Berbagi dengan pertanyaan apa itu social media dan marketing kepada peserta yang hadir, peserta pun memberikan pendapatnya tentang media sosial dan marketing. Kemudian Heri memberikan penjelasan mengenai media sosial dengan mengajak semua peserta untuk menuliskan “Kalau kamu RT tweet ini rejeki kamu banjir” di salah satu media sosial peserta yaitu twitter, untuk melihat seberapa besar pengaruh media sosial yang dimiliki para peserta.

Heri juga menjelaskan social media merupakan sebuah media mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat tetapi, apabila digunakan secara bijak dapat memiliki Viral Effect yang baik, yang dapat membawa pengaruh besar terhadap marketing di social media. Karena fakta menunjukkan bahwa negara tercerewet di dunia adalah Indonesia , dan negara terbesar ke-5 di dunia adalah Facebook, kenapa? Karena fakta yang ada pengguna media sosial sudah menyentuh 1,5 milyar pengguna.

Selanjutnya Heri memberikan pertanyaan bagaimana memaksimalkan social media di dunia marketing, Heri berkata dalam mempromosikan social media perlu adanya AIDA, dan ini menjadi dasar penting untuk sebuah market di media sosial. Heri menjelaskan kepanjangan dan maksud dari AIDA,

Attention: Memberikan efek mencari perhatian pada social media yang lembaganya miliki.

Interest: Ketertarikan atas perhatian yang dimunculkan akan memberikan pendekatan yang sama.

Desire: Hasrat yang ditimbulkan dari perhatian dan ketertarikan sehingga memberikan kemudahan dalam berkomunikasi yang sama.

Action: Marketing di social media.

Heri juga memberikan tips untuk melakukan Marketing di Social Media, dengan menggunakan bahasa yang menarik dan menghindari menggunakan fitur automatic, karena itu akan membuat market tidak tersapa secara personal, lebih baik untuk tiap-tiap akun media sosial dipegang oleh orang yang berbeda.

Peserta yang hadir dalam Kelas Berbagi kali ini adalah:

  1. Perdana Putri, Remotivi
  2. Maya Fathia, Penabulu
  3. Dwi Premadha Lestari, Penabulu
  4. Iis Yuni, Penabulu
  5. Junia, Telkomsel
  6. Headi Berlina S, Penabulu
  7. Fatiana Ratnawulan, Penabulu
  8. Silfia Restianti, Penabulu
  9. Gunawan Kusumo, Penabulu
  10. Dedi Setiansah, Penabulu
  11. Dzikri, Penabulu
  12. Kurniawan Adhi, Penabulu
  13. Bayu M, Penabulu
  14. Mustiawan, PP.IPM
  15. Dede Setiawan, PT. APM
  16. Choiroh Fuad, Yubi Jakarta
  17. Riska Hasan, PATTIRO
  18. Ega Rosalina, PATTIRO
  19. Yunie, N.R, PATTIRO
  20. Jefry Adhipradana, Penabulu
  21. Khairi syahfitri, Penabulu
  22. Agus Widodo, Penabulu

Sebagai penutup, Heri Bertus memberikan quote yang berbunyi:

Be the Best or Be the Worst for your Social Media Marketing”.

Baca juga:

 

One Response to "17 April 2015, Kelas Berbagi #38: Social Media Marketing"

  1. Social Media Marketing | Jefry Adhipradana Posted on 22 April 2015 at 17.43

    […] Bro Heri jam terbangnya udah banyak, keliatan dari pembawaannya menguasai panggung kyutri. Suasana kelas cair banget, kaya nonton stand up comedy hahaha.. banyak banget ilmu yang saya dapet dari materi ini. Yang saya paling inget itu adalah “timing posting”. Maksudnya ada waktu tertentu kapan kita ingin mem-posting sesuatu dan kemungkinan besar diliat orang. Yaitu pada waktu prime time. Waktu primetime itu kapan? Bisa diliat di liputan ini […]

Tinggalkan Balasan