20 Agustus 2015, Kelas Berbagi #41: Dasar-Dasar Pengolahan Gambar & Foto dengan Adobe Photoshop

Categories: Liputan

Kyutri (Q3) kembali menggelar Kelas Berbagi 3 jam di Rumah Kemuning, Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2015. kelas berbagi Q3 ke #41 ini mengangkat tema “Dasar-dasar pengolahan gambar dan foto menggunakan Adobe Photoshop”. Kelas Berbagi ini difasilitasi oleh Gunawan Kusumo dari unit temanWEB Penabulu.

Gunawan Kusumo membuka Kelas Berbagi dengan menjelaskan tentang kegunaan photoshop pada kehidupan sehari-hari serta menjelaskan mengenai fasilitas-fasilitas dalam photoshop itu sendiri, yaitu cropping, yang berfungsi untuk memotong dan memfokuskan foto atau gambar pada satu titik, Colouring berfungsi untuk mengubah warna pada gambar, white and contras merubah kecerahan pada foto atau gambar, Gunawan menjelaskan, dalam menggunakan aplikasi photoshop ini sangat mudah, kita cukup bebas untuk berekspresi di dalamnya.

Gunawan juga menjelaskan dalam penggunaan aplikasi photoshop ini tidak dituntut adanya suatu hal yang bersifat “mengharuskan”, namun dalam penggunaaan aplikasi ini lebih ditekankan kepada kreatifitas dari tiap individu. Dalam perbincangan awal juga disebutkan bahwa pandangan orang terhadap suatu karya itu berbeda-beda, menurut si A bagus belum tentu menurut si C, D, E itu bagus, pada dasarnya lebih ditekankan pada nilai seni.

Dalam penjelasan di atas ada pertanyaan yang terlontar dari saudara Ferdi, “Mengapa dalam menggunakan photoshop itu diutamakan pada editing bukan making? Sedangkan dalam penggunaan aplikasi ini kita ditunjukkan bagaimana cara making new image?” Gunawan menjawab, “dalam dunia fotografi itu ada yang namanya inovasi dan revisi, nah di dalam photoshop ini aplikasi atau fitur-fitur yang ada tidak mendukung untuk adanya inovasi (membuat), namun fitur-fitur ini hanya mendukung untuk revisi (mengubah)”.

Photoshop sudah banyak digunakan di kalangan masyarakat, namun masyarakat sendiri belum menggunakan atau memaksimalkan penggunaan photoshop ini dengan sesungguhnya, dalam penggunaan photoshop dibutuhkan ketelatenan dalam pengeditan gambar atau foto. Penggunaan fitur-fitur dalam photoshop secara maksimal sangat dibutuhkan, artinya kita sebagai pengguna photoshop diharuskan berani untuk bereksplorasi dengan semua fitur-fitur yang ada di dalam photoshop ini, berani mencoba hal baru, jangan takut salah, jangn takut kalau hasilnya jelek atau tidak layak dipublikasikan. (Toh hasil karya photoshop tidak selalu akan dipublikasikan).

Dalam penggunaan photoshop kita bisa mengubah warna, ukuran, background, bahkan kita bisa menggabungkan banyak foto di dalamnya. Tentunya didukung dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya dan juga kemauan untuk bereksplorasi. Hal yang menarik dalam topik kali ini adalah kita dapat mengubah gambar atau foto sesuka hati kita, ada yang untuk membuat efek hidung mancung, kulit bersih, dan lain sebagainya, dalam bidang pekerjaan juga sangat membantu misalnya untuk tampilan web. Bisa juga untuk pembuatan poster atau spanduk.

Pada kelas kali ini kebanyakan lebih mengarah kepada pengubahan warna, kecerahan, dan penambahan foto atau penumpukan foto, dan tahap terakhir adalah menggabungkan foto yang satu dengan foto yang lain. Pada kelas kali ini juga lebih banyak ke praktek penggunaan photoshop.

Di bagian akhir para peserta menampilkan hasil belajar mereka, mayoritas para peserta bisa melakukan dan ada juga yang sudah mahir atau sudah terbiasa dengan photoshop.

Peserta yang hadir dalam Kelas Berbagi kali ini adalah:

  1. Ayu Nurhyati (Yayasan Sahabat Cipta)
  2. Elvy S. Sotheono (Yayasan Sahabat Cipta)
  3. Ibnu Setiawan (Penabulu)
  4. Silvia Ristiyanti (Penabulu)
  5. Agus Widodo (Penabulu)
  6. Dzikry Noor (Penabulu)
  7. Bayu N (Penabulu)
  8. Maya F (Desa Lestari)
  9. Adhi (Penabulu)
  10. Gabriella (koalisi perempuan)
  11. Ahmad Sofyan (Penabulu)
  12. Jefry Adhipradana (Penabulu/Q3)
  13. Fredericus Nanung Eko Cahyono (Penabulu)

Sebagai penutup, Gunawan Kusumo memberikan quote yang berbunyi:

Jangan pernah takut untuk mencoba, jangan takut kalau salah.

Baca juga:

 

Tinggalkan Balasan