21 Agustus 2015, Kelas Berbagi #42: Maksimalisasi Layout Dokumen menggunakan MS Word

Categories: Liputan

SONY DSCTelah digelar kembali Kelas Berbagi selama 3 jam, Kyutri Q3 #42 diselenggarakan di Rumah Kemuning, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pada kesempatan Kali ini Kelas Berbagi Kyutri mengangkat tema “Maksimalisasi Layout Dokumen Menggunakan Ms. Word” Kelas Berbagi kali ini difasilitasi oleh Adhi Nugroho.

Kelas Kyutri yang dilaksanakan pada kesempatan ini bisa dibilang masuk di kategori ramai menyenangkan dan bermanfaat. Sesaat sebelum acara dimulai, Jefry memberikan gambaran untuk apa dan untuk siapa acara ini digelar.

Setelah itu acara diambil alih oleh Adhi Nugroho selaku narasumber. Pada sesi awal Adhi bertanya kepada peserta untuk apa MS.Word ini dan bagaimana cara kerjanya? Setelah sekian waktu Adhi menunjuk Jefry untuk menjawab. Jefry menjawab “MS. Word digunakan untuk menyajikan data yang berbentuk tulisan atau bisa juga disebut dengan komunikasi”. Adhi bertanya lagi apa fungsinya, jawab Jefry, “fungsinya untuk membantu komunikator menyampaikan pesan dengan jelas agar bisa ditangkap oleh komunikan”. Kemudian Adhi bertanya lagi “apa prinsip komunikasi?”, Jefry pun menjawab dengan terpatah-patah “who says what, to whom, in witch media, and with what effect.”,”siapa, mengatakan apa, kepada siapa, dengan apa, dan dengan efek apa”.

Adhi mengangguk yang menandakan adanya suatu persetujuan. Setelah itu Adhi langsung masuk ke dalam materi. Pertama-tama Ia menjelaskan bahwa dalam MS.Word bukan hanya berisi tulisan melainkan juga ada desain, dalam desain ini mengandung beberapa unsur antara lain: titik, garis, dan bidang. Intinya dalam desain ini mengacu pada bagaimana kita bisa merangkai antara garis, titik, dan bidang ini menjadi suatu karya, tak ketinggalan juga warna, warna ini bisa hitam putih atau warna-warni. Adhi juga menjelaskan tentang prinsip-prinsip desain, yang dilanjutkan dengan sinkronisasi gambar dengan prinsip desain ini.

Pada saat menunjukkan gambar yang terdapat bentuk kotak dan lingkaran, Ferdi mengatakan bahwa itu masuk ke dalam prinsip dominasi karena ada dua objek yang berbeda namun dalam gambar yang sama dan lingkaranlah yang menjadi daya tarik karena jumlahnya lebih banyak, di situ saudara Zikri menyanggah bahwa kotak lebih menarik karena jumlahnya mudah untuk dihitung. Seketika itu berbincangan mulai terjalin, para peserta saling mendiskusikan pendapat mereka masing-masing, hingga tiba waktunya untuk praktik.

Nah pada saat praktik inilah para peserta merasakan kegembiraan, semua mencoba dan terus mencoba, ada tawa dan canda di situ. Semua peserta sangat antusias bahkan sampai ada yang dipanggil tidak merespon karena saking asiknya mengotak-atik gambarnya.

Keseruan lain muncul ketika  Suhud masuk ke ruangan dan sedikit memberi bumbu candaan ringan. Sesi terakhir ditutup dengan.

Pada akhir acara narasumber memberikan pengarahan bahwa MS.Word tidak hanya digunakan untuk menulis dokumen, tapi juga bisa untuk keperluan lainnya misalnya dasain grafis.

 

Peserta yang hadir dalam Kelas Berbagi kali ini adalah:

 

  1. Anggita Fatmawati (Ciputat)
  2. Silvia Ristiyanti (Penbulu)
  3. Agus Widodo (Teman Web)
  4. Dzikry Noor (Penabulu)
  5. Bayu N (Teman Web)
  6. Maya Fathia (Rekstra)
  7. Ahmad Sofyan (Penabulu)
  8. Gunawan “IPONK” (Teman Web)
  9. Ahmad Sofyan (Penabulu)
  10. Dwi Premadha (Learn!)
  11. Jefry Adhipradana (Q3)
  12. Adhi (Interactsee)
  13. Fredericus Nanung Eko Cahyono (Kyutri)

 

Sebagai penutup, Adhi Nugroho memberikan quote yang berbunyi:

Don’t let’s judge a book by it’s cover.

 

Baca juga:

 

Tinggalkan Balasan