21 Juni 2014, Kelas Berbagi #31: Bagaimana Cara Menggalang & Mengelola Sumber Daya?

Categories: Liputan

Suansana hujan tidak menghentikan langkah kami untuk melanjutkan Kelas Berbagi Q3 #31 dikantor AMAN. Kelas Berbagi Q3 #31 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 21-Juni-2014 kali ini bertema ‘Bagaimana Cara Menggalang Sumber Daya?’ dengan narasumber Herman Suparman Simanjuntak dari Penabulu.

Acara dibuka oleh Ahmad Fadilah atau yang akrab disapa Icay selaku tuan rumah. Peserta yang hadir dalam kyutri kali ini adalah:

  1. Fery Apriansyah, Staff PPMAN
  2. Al Fair, PB AMAN
  3. Ahmad Fadilah, PB AMAN
  4. Syukran Amin, PN. BPAN
  5. Jekki Angkat, PB AMAN
  6. Irma, PB AMAN
  7. Derlin Salu, PN BPAN
  8. Wisa, Staff AMAN

Herman membawakan 3 jam Kelas Berbagi kali ini sangat atraktif kepada para peserta. Sesi pertama Herman menjelaskan tentang pengertian mobilisasi sumber daya. Mobilisasi adalah sebuah proses, yang akan dimulai dengan mengidentifikasi sumber daya utama organisasi untuk pengembangan, pelaksanaan dan keberlanjutan aktivitas dalam pencapaian visi dan misi organisasi.

Sedangkan mobilisasi sumber daya sendiri memiliki arti perluasan sumber-sumber daya, dan peningkatan keterampilan, pengetahuan dan kapasitas yang memadai dalam penggunaan sumber daya yang dimiliki organisasi.

Pada sesi ini peserta di ajak untuk membuat tabel tentang Kenapa harus mobilisasi sumber daya? Sumber daya apa yang organisasi Anda butuhkan Berikan peringkat dari yang paling Anda anggap penting Sumber daya apa yang organisasi Anda miliki saat ini? Berikan persentase per jenis sumber daya yang Anda miliki saat ini (total 100%)

Sesi berikutnya Herman menjelaskan tentang apasaja konsep dan tujuan mobilisasi sumber daya, model dan jenis mobilisasi sumber daya.
Sesi selanjutnya Herman menjelaskan tentang karakteristik organisasi nirlaba, pemetaan mitra & ‘match making’, beberapa contoh mobilisasi sumber daya dan tahapan mengembangkan strategi mobilisasi sumber daya.

Sebagai penutup Herman menyampaikan sebuah quote dari Wilfred Grenfell, yang berbunyi:

“Pelayanan dan semua kebaikan yang kita lakukan untuk orang lain itu adalah uang sewa yang kita bayarkan untuk mendapat kesempatan hidup di dunia ini”.

Baca Juga:

 

One Response to "21 Juni 2014, Kelas Berbagi #31: Bagaimana Cara Menggalang & Mengelola Sumber Daya?"

  1. pepi januar pelita Posted on 28 Agustus 2014 at 07.57

    minta di share materinya dong

Tinggalkan Balasan