22 Januari 2015, Kelas Berbagi #36: Pengamanan Website Berbasis WordPress

Categories: Liputan

kyutri 36 1

Jakarta, 22 Januari 2015 bertempat di Rumah Kemuning, Pasar Minggu, Kelas Berbagi Q3 ini terasa spesial karena ini merupakan kelas perdana kyutri di tahun 2015. Kali ini kelas berbagi mengusung tema “Pengamanan Website Berbasis WordPress”. Kelas Berbagi yang difasilitasi oleh Sugeng Wibowo yang merupakan ICT Specialist Penabulu Alliance. Sugeng membuka Kelas Berbagi ini dengan menganalogikan website dengan rumah kepada para peserta agar para peserta memiliki pemikiran yang sama tentang website.

Selanjutnya Sugeng menjelaskan beberapa titik penyerangan yang mungkin pernah dialami peserta. Setelah itu Sugeng membagi jenis serangan website menjadi 2 bagian yaitu perubahan secara penuh dan sebagian.

Setelah membagi jenis serangan, Sugeng menjelaskan faktor penyebab terjadinya penyerangan website yang terbagi menjadi dua, faktor internal dan faktor ekstenal. Faktor internalnya antara lain kelemahan atau kesalahan konfigurasi dan kelalaian admin, faktor eksternalnya yaitu kelemahan software dan kelemahan sistem.

Sugeng pun memberikan cara untuk mencegah penyerangan situs, antara lain:

  1. Memilih penyedia yang handal
  2. Memilih developer yang paham keamanan wordpress
  3. Membatasi hak akses administrator
  4. Melakukan prosedur standar maintenance wordpress
  5. Menggunakan theme premium

Selanjutnya Sugeng memberikan langkah – langkah mengatasi penyerangan. Tahap pertama yaitu langkah awal, kemudian analisis, lalu masuk ke tahap pemulihan. Untuk mengatasi malware, Sugeng pun tak lupa memberi langkah antisipasi, diantaranya dengan menggunakan antivirus yang up to date, menggunakan webmaster tools dan menggunakan plugin anti malware. Di sesi terakhir, Sugeng memberikan simulasi plugin iThemes security.

Peserta yang hadir dalam Kelas Berbagi kali ini adalah:

  1. Sri Wuryati, MPLI
  2. Deni W, IAC
  3. Kurniawan Adhi Nugroho, Penabulu
  4. Agus Widodo, Penabulu
  5. Endra MS, Penabulu
  6. Jefry Adhipradana, Penabulu
  7. Ardi, Green IT

Sebagai penutup, Sugeng memberikan quote yang berbunyi:

“Semakin aman (website) semakin tidak nyaman“.

Baca Juga:

  

Tinggalkan Balasan