24 Mei 2013, Kelas Berbagi #19: Participatory Self Review Planning (PSRF) Sebuah Alat Monitoring Berbasis Nilai-nilai

Categories: Liputan

Kembali lagi tanggal 24 Mei 2013 Rumah Kemuning menggelar Kelas Berbagi untuk para Kyutrians sejati. Hadir sebagai narasumber Bapak Teguh Rahardjo. Kelas Berbagi #19 dengan dengan tema “Participatory Self Review Planning (PSRF) Sebuah Alat Monitoring Berbasis Nilai-nilai” adalah rangkain materi sebelumnya tentang Bagaimana Menyusun Proposal Untuk Lembaga Donor?.

Dalam Pengantarnya Mas Budjo (panggilan akrab) memaparkan tentang definisi PSRF. menurutny PSRF adalah sebuah pendekatan untuk memonitoring sebuah project yang berbasiskan nilai. Jika melihat pada sebuah pembangunan, ternyata pembangunan tidak semata hanya membagikan bantuan-bantuan fisik, melainkan pembangunan merupakan proses pengembangan masyarakat, untuk mewujudkan dampakdampak positif yang lebih mendasar. Dengan demikian, Pembangunan adalah proses transformasi sosial di masyarakat.

Ketika kita memahami pembangunan sebagai sebuah proses transformasi sosial, maka sebagian besar tanggungjawab dari proses pembangunan tersebut ada di masyarakat. Proses transformasi tersebut dimulai dari individu yang 1 mentransform kepada individu yang lain kemudian menyebar kepada banyak individu, sehingga terwujudlah transformasi sosial. Dalam proses ini ada individu yang tertinggal, ada yang terseret dan ada yang melejit maju. Oleh karenanya dapat digarisbawahi bahwa transformasi sosial di masyarakat adalah pekerjaan komunal, tetapi dalam prosesnya ada proses transform individu to individu.

Melengkapi diskusi selama kurang lebih tiga jam ini hadir sebagai peserta Kyutrians diantaranya adalah: Achmad Fadhilah (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara), Wilda (Penabulu), Yuli Rohyani (KOMNAS Perlindungan Anak), Meli Mariani (KOMNAS Perlindungan Anak), Indah Permata Sari (KOMNAS Perlindungan Anak), Riski Amelia (TRASHI) dan Endra (Penabulu).

“Pembangunan adalah proses transformasi sosial di masyarakat”

“Transformasi sosial di masyarakat adalah pekerjaan komunal, tetapi dalam prosesnya ada proses transform individu to individu”

Baca Juga:

 

One Response to "24 Mei 2013, Kelas Berbagi #19: Participatory Self Review Planning (PSRF) Sebuah Alat Monitoring Berbasis Nilai-nilai"

  1. hypnosis Posted on 23 Juli 2013 at 02.58

    Great site you have here.. It’s difficult to find excellent writing like yours nowadays. I truly appreciate individuals like you! Take care!!

Tinggalkan Balasan