26 Juni 2015, Kelas Berbagi #40: Optimalisasi & Pengamanan Android

Categories: Liputan

26 Juni 2015, Kelas Berbagi #40, Optimalisasi & Pengamanan Android

Jakarta, 26 Juni 2015, Kelas Berbagi Q3 di Rumah Kemuning, Pasar Minggu kembali digelar. Kelas berbagi Q3 ini terasa berbeda karena dilaksanakan saat bulan puasa. Kali ini kelas berbagi Q3 mengusung tema “Optimalisasi & Pengamanan Android”. Kelas Berbagi ini difasilitasi oleh Bayu Nugraha dari Penabulu.

Bayu Nugraha membuka Kelas Berbagi dengan menjelaskan pengertian dari sistem operasi (OS) Android, OS Android merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis Linux untuk

telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka (Open Source) bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.

Setelah itu, Bayu memberikan data pengguna Andorid dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2018, dari grafik yang dibuat oleh techinasia.com, dapat dilihat bahwa pengguna Android di Indonesia semakin bertambah.

Untuk mengoptimalkan Android, Bayu menjelaskan beberapa metode, dimulai dari pengisian baterai, Bayu mengingatkan pengisian baterai sebaiknya dilakukan saat kondisi baterai sudah di ambang batas (10% ke bawah), selain itu Bayu mengingatkan untuk mencabut charger jika baterai sudah 100%. Setelah itu peserta disarankan untuk mematikan fitur getar, karena fitur getar memengaruhi kapasitas baterai. Setelah itu Bayu menganjurkan untuk mematikan fitur “Auto Brightness” karena fitur ini akan mengurangi kerja prosesor. Selanjutnya Bayu menyarankan peserta untuk mengurangi pemasangan widget di layar home Android, dan tidak memakai live wallpaper karena dua hal itu memengaruhi kinerja prosesor dan memori. Selanjutnya Bayu menganjurkan untuk mematikan fitur GPS jika tidak diperlukan, dan memanfaatkan fitur hotspot jika ada daripada mengandalkan jaringan 3G. Setelah itu peserta dihimbau untuk mengurangi sinkronisasi pada gadget karena hal itu memerlukan banyak koneksi. Selain itu Bayu mengingatkan untuk menutup aplikasi yang masih berjalan, yang sudah dibuka sebelumnya. Bayu juga memeberikan saran ke peserta untuk memakai bantuan aplikasi guna mengoptimalkan memori, aplikasi yang bisa dipakai diantaranya adalah DU Booster dan Clean Master.

Untuk Keamanan Android, Bayu membagi menjadi tiga hal, pertama kemanan data di Android seperti kontak, foto, video. Peserta dihimbau untuk menggunakan password pada ponsel, melakukan backup secara rutin, membackup kontak ke google dan membackup foto & video ke google atau cloud storage seperti google drive, dropbox dan box.

Yang kedua adalah keamanan dari virus. Dalam hal ini Bayu menyarankan untuk mendownload aplikasi dari sumber terpercaya (hanya dari play store), setelah itu peserta diingatkan untuk membaca review dari pengguna lain tentang aplikasi tersebut, selain itu Bayu juga menyarankan untuk mengupdate sistem operasi gadget peserta, untuk pengamanan terakhir peserta bisa menginstal aplikasi mobile security.

Ketiga, pengamanan Android dari resiko kehilangan, Peserta bisa mengamankan Android dengan memberi password, selain itu peserta juga bisa menggunakan aplikasi anti-theft seperti AVG, Avast dan lain-lain.

Peserta yang hadir dalam Kelas Berbagi kali ini adalah:

  1. Ibnu Istiawan, Penabulu
  2. Dzikri Noor, Penabulu
  3. Kurniawan Adhi Nugroho, Penabulu
  4. Jefry Adhipradana, Penabulu
  5. Silvia Ristiyanti, Penabulu
  6. Gunawan Kusumo Budiarto, Penabulu
  7. Agus Widodo, Penabulu
  8. Iis Yuni, Penabulu
  9. Dwi Premadha Lestari, Penabulu

Sebagai penutup, Bayu Nugraha memberikan quote yang berbunyi:

Optimalisasi Android penting dilakukan selain untuk memaksimalkan performa gadget, juga dapat memperpanjang usia gadget

Baca juga:

 

Tinggalkan Balasan