27 Juni 2013, Kelas Berbagi #21: Apa Itu Pemetaan Sosial dan Apa Manfaatnya?

Categories: Liputan

Apa Itu Pemetaan Sosial dan Apa manfaatnya? itulah Tema yang diangkat kali ini, tepatnya di Kelas Berbagi #21 di Rumah Kemuning pada tanggal 27 Juni 2013. Hadir sebagai narasumber Abdul Ghofur yang akrab disapa mas Opunk (Antropolog).
Di dalam Pengantarnya beliau memaparkan bahwa pengertian Pemetaan sosial adalah satu metode visual yang menunjukan lokasi relative suatu komunitas atau kelompok yang dilakukan untuk menemukenali dan mendalami kondisi social komunitas tersebut atau ada juga dengan istilah Social Mapping yaitu teknik untuk membuat gambar kondisi social eknomi masyarakat, misalnya gambar posisi pemukiman, sumber-sumber mata pencaharian, jalan, pelayanan kesehatan dan sarana-sarana umum. Dan menurut beliau Pemetaan Sosial juga merupakan salah satu alat untuk analisa sosial atau biasa disebut Ansos.
Hadir melengkapi diskusi Kelas Berbagi #21 yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam ini diantaranya : Tino Yosephine(Penabulu), Ola Siahaan, Herman Suparman Simanjuntak (Jembatantiga), Tya (Penabulu), Wilda (Trashi), NM. Ruliyadi (Penabulu) dan Endra (Linkar LSM). (Ahmad)

“Pemetaan sosial musti dilakukan secara partisipatif dan memberdayakan”

“Pemetaan Sosial hanyalah metode untuk menemukan atau mendalami situasi kondisi komunitas”

Baca Juga:

 

Tinggalkan Balasan