6 Maret 2015, Kelas Berbagi #37: Pengelolaan Konten Website

Categories: Liputan

6 Maret 2015, Kelas Berbagi #37, Pengelolaan Konten Website

Jakarta, 6 Maret 2015 bertempat di Rumah Kemuning, Pasar Minggu, Kelas Berbagi Q3 ini merupakan kelas lanjutan dari kelas berbagi sebelumnya. Kali ini kelas berbagi mengusung tema “Pengelolaan konten website”. Kelas Berbagi yang difasilitasi oleh Endra Yusuf yang merupakan Administrator Penabulu Alliance. Endra membuka Kelas Berbagi ini dengan menjelaskan framework pengelolaan konten.

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat mengelola konten adalah perencanaan. Di tahap perencanaan, Endra menjelaskan tentang fitur google trends. Dengan google trends, peserta dapat melihat kata kunci yang sering diketikkan pengunjung website di google search. Ini menjadi panduan peserta dalam membuat tema artikel.

Selanjutnya tahap mencari dan mengumpulkan. Endra berkata Ia biasa mencari bahan artikel lewat media, milis dan buku. Selanjutnya tahap seleksi. Di tahap seleksi, Endra menjelaskan tidak semua bahan harus dimasukkan saat itu juga, bahan artikel itu bisa dipakai nanti tergantung kebutuhan artikel dan kesesuaian tema konten. Setelah tahap seleksi, selanjutnya Endra menjelaskan tentang tahap produksi. Di tahap produksi konten, Endra menerangkan bahwa Ia menulis ulang artikel dari buku, scan cover di tahap ini.

Setelah proses produksi, selanjutnya ke tahap editing. Di tahap ini, Endra membetulkan tulisan, gambar, kontent atau format file sebelum dipublikasikan. Setelah selesai di proses editing, beralih ke tahap publishing. Di sini, Konten yang sudah melewati tahap editing, mulai dipublikasikan. Tahap pertama konten mulai dipublikasikan di website. Untuk menjangkau pengunjung lebih luas. Endra berlanjut ke tahap berikutnya yaitu promosi. Di tahap promosi, Endra memanfaatkan media sosial seperti twitter, facebook dan milis untuk mempromosikan konten dengan cara menyisipkan link konten yang ada di website di milis ataupun media sosial lainnya. Dengan cara itu, kemungkinan pengunjung dari luar akan bertambah.

Setelah tahap promosi, berikutnya adalah tahap monev. Di tahap monev, Endra biasa menggunakan software (tools) Rank Alexa dan Google Analytics untuk mengetahui jumlah pengunjung, ranking website di Indonesia maupun di dunia dan karakteristik pengunjung. Endra menjelaskan cara membaca ranking Alexa dan Google Analytics. Di Alexa, jika jumlah traffic rank semakin sedikit justru semakin bagus. Endra memberitahu bahwa pergerakan google analytics akan turun di hari sabtu dan minggu.

Endra membagi beberapa tips, diantaranya jika ingin mengutip artikel dari website, bisa gunakan google translate sebelum dipublish, agar lebih rapi.

Peserta yang hadir dalam Kelas Berbagi kali ini adalah:

  1. Mubarok, TUK Indonesia
  2. Dhany DS, Yagasu
  3. Angger, Dompet Dhuafa
  4. Syauqi, Dompet Dhuafa
  5. Akhie, Dompet Dhuafa
  6. Winantyo, KPPOD
  7. Agus Widodo, Penabulu
  8. Muhammad Zikri, Penabulu
  9. Adhi Nugroho, Penabulu
  10. Silvia Ristiyanti, Penabulu
  11. Maya Fathia, Penabulu
  12. Dwi Premadha, Penabulu
  13. Riska Hasan, PATTIRO
  14. Headhi Berlian Siringo, Penabulu
  15. Gunawan, Penabulu
  16. Jefry Adhipradana, Penabulu

Sebagai penutup, Endra memberikan quote yang berbunyi:

“Sebagai orang konten, kita mencari konten yang salah , bukan cari benar“.

Baca Juga:

 

Tinggalkan Balasan