8 Mei 2015, Kelas Berbagi #39: Facebook Marketing

Categories: Liputan

8 Mei 2015, Kelas Berbagi #39, Facebook MarketingJakarta, 8 Mei 2015, Kelas Berbagi Q3 di Rumah Kemuning, Pasar Minggu kembali digelar. Kali ini kelas berbagi Q3 mengusung tema “Facebook Marketing”. Kelas Berbagi ini kembali difasilitasi oleh Heri Bertus yang berprofesi sebagai internet marketing.

Heri Bertus membuka Kelas Berbagi dengan menjelaskan tiga bagian dari Facebook, yaitu Facebook Personal, Facebook Fanspage dan Facebook groups. Heri menjelaskan dalam memasarkan akun, ketiga bagian Facebook ini harus digunakan dan dimaksimalkan.

Facebook Personal digunakan untuk mendapatkan massa sebanyak-banyaknya. Caranya dengan memposting semua hal yang terkait dengan Fanspage kita. Bisa dibilang akun pesonal ini adalah “Jendral” agar akun yang lain tertarik untuk melihat atau bergabung ke Fanspage yang dimaksud. Untuk akun Fanspage, usahakan memberi “roh” di admin Fanspage tersebut. Caranya dengan memberi nama Admin tersebut, jenis kelaminnya dan sifat admin ini seperti apa. Tidak penting apakah dia arogan atau pengertian, yang terpenting kita konsisten memposting sesuatu dengan karakter awal yang kita bangun. Di Facebook Groups kita dibatasi dengan maksimal 5000 friends. Facebook Groups terbagi menjadi tiga bagian, Open Groups, yang artinya siapa saja bisa menjadi member grup tersebut. Closed groups, setiap orang yang ingin menjadi member harus mendapat izin dari admin grup yang bersangkutan, dan Secret Groups, hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat grup ini.

Untuk melihat seberapa efektif postingan kita dilihat akun lain, Facebook menyediakan fitur yaitu Edge Rank, fitur ini dapat dilihat di Facebook Groups.

Heri menjelaskan, untuk menciptakan efek “viral”, sebuah postingan harus mengandung lima kategori ini, yaitu sex, high empathy, children, funny, dan animal. untuk medapatkan efek “viral”, ada beberapa langkah yaitu desire status, bitchy photograph dan high empathy.

Di bagian akhir, Heri memberikan contoh gambar yang mempunyai efek “viral”, peserta kelas berbagi kyutri mendapat tugas untuk mengidentifikasi apa saja kategori “viral” di dalam gambar tersebut.

Peserta yang hadir dalam Kelas Berbagi kali ini adalah:

  1. Fuad, Yubi
  2. Dzikri Noor, Penabulu
  3. Kurniawan Adhi Nugroho, Penabulu
  4. Jefry Adhipradana, Penabulu
  5. Rico, Alonabox.com
  6. Headi Berlina S, Penabulu
  7. Perdana Putri, Remotivi
  8. Tanti Sugiharti, Indonesian Overseas Alumni
  9. Otto Hartono, Penabulu
  10. Rei Khairul, Kryawan Swasta

Sebagai penutup, Heri Bertus memberikan quote yang berbunyi:

Be the Best or Be the Worst on Your Post”.

Baca juga:

 

Tinggalkan Balasan