David Ardhian

Categories: Narasumber

“Kegagalan dalam perencanaan adalah merencanakan untuk gagal”

David ArdhianBegitu lulus dari Institut Pertanian Bogor pada 1998, David Ardhian lantas terjun ke tengah masyarakat sebagai fasilitator lapangan di Yayasan Nastari, mendampingi masyarakat menyelenggarakan pertanian berkelanjutan. Sejak itu, kesibukannya tak pernah jauh dari berkiprah sebagai fasilitator, peneliti, dan penulis.

Karena intensitas penelitiannya yang acap bersinggungan dengan banyak lembaga, ia pun tak kadang didapuk sebagai konsultan perencanaan strategis (Renstra), lewat pendekatan Logical Framework. Sering pula ia diminta lembaga-lembaga swadaya masyarakat untuk menangani upaya-upaya peningkatan kecakapan (capacity building) dan aneka pelatihan kelembagaan.

Sampai kini, ia masih sering diminta menjadi pembicara dalam berbagai seminar kelembagaan, atau fasilitator dalam berbagai workshop. Di tengah kesibukannya itu, ia masih suka menyempatkan diri menuliskan berbagai pandangan dan hasil penelitiannya tentang upaya-upaya pemberdayaan masyarakat sipil di Indonesia. Beberapa tulisannya dapat dibaca di blognya, ardhiandavid.wordpress.com

 

Tinggalkan Balasan