N.M. Ruliady

Categories: Narasumber

Fasilitasi adalah proses menggali informasi

narsum-rullyPendidikan, fasilitasi, dan evaluasi; Tiga kata itu cukup mendeskripsikan seorang Rully. Ia mengawali kiprahnya di lembaga swadaya masyarakat sebagai Koordinator Klub Indonesia Hijau (KIH), Jakarta. Di organisasi (Klub) yang lebih mirip komunitas-kritis yang cair itu, ia banyak melakukan fungsi-fungsi fasilitator dalam upaya mengetengahkan, sekaligus mempraktikkan, pendidikan lingkungan dan pendidikan alternatif dalam pergulatan wacana di antara masyarakat.

Keterlibatannya yang intens dalam mendorong penyelenggaraan pendidikan alternatif itu menempanya menjadi penganalisis, dan pada saatnya evaluator, program-program pendidikan. Dari titik pijak itu, kegiatan analisisnya kemudian bersinggungan dengan issu-issu penyelenggaran lembaga dan kinerja kelembagaan. Karenanya kemudian ia banyak diminta oleh para pengelola lembaga swadaya masyarakat untuk membantu mengevaluasi berbagai program, terutama dalam menyiapkan rencana-renca strategis (Renstra) lembaga.

Sampai kini, ia aktif menjadi konsultan pendidikan dan fasilitator pembahasan program di berbagai lembaga yang memintanya untuk berpartisipasi.

 

Tinggalkan Balasan