22 Maret 2013, Kelas Berbagi #15: Bagaimana Menggalang Dana Publik?

Categories: Liputan

Kelas Berbagi dengan tema “Bagaimana Menggalang Dana Publik?” merupakan kelas Berbagi yang ke 15. Ini merupakan lanjutan dari kelas sebelumnya yaitu tentang Resource Mobilization. Hadir pada kelas berbagi ini sebagai narasumber Illian Deta Arta Sari, beliau adalah kepala divisi fundraising dari Indonesian Corruption Watch (ICW). Pengalaman Illin-panggilan akrabnya-dalam melakukan penggalangan dana publik menjadi acuan kami mengundang beliau untuk hadir dikelas berbagi #15 ini. Berbeda dengan kelas berbagi sebelumnya, Jika pada kelas sebelumnya kami menggunakan ruang Kemuning sebagi kelas, kali ini kami menyulap ruang garasi Rumah Kemuning menjadi ruang kelas berbagi.

Pada pengantarnya, Illin menyampaikan banyak hal yang dapat dilakuakan dalam menggalang dana public. ICW sadar bahwa sebuah organisasi harus mengurangi ketergantungan terhadap donor demi keberlanjutannya. Banyaknya lembaga anti korupsi yang “tutup pintu” dikarenakan minimnya pendanaan dan Sumberdaya Manusia.

Kelas Berbagi yang dilaksanakan pada 22 Maret 2013 ini dihadiri oleh beberapa perwakilan organisasi dan Komunitas, diantaranya; Nanang Suryanto (MRUF), Muhammad Nauval (MRUF), Nunik A.W (MRUF), Nurhayati (SMK Pejuang Negeri), Annisa (SMK Pejuang Negeri), Septi Andini Rudita (SMK Pejuang Negeri), Banu. W (Jakarta Green Monster), Erry Haryadi (KMPLHK RANITA), Anwar (KMPLHK RANITA).

Illin memberikan quote yang berbunyi:

Dalam sebuah organisasi harus ada sumberdaya yang fokus untuk melakukan penggalangan dukungan publik.

Publik akan dengan senang hati mendonasikan uangnya jika mereka “suka”

Baca Juga:

 

Tinggalkan Balasan