Pengelolaan Konten Website

Categories: Materi

Framework pengelolaan konten website diterapkan sebagai strategi konten. Strategi konten adalah: perencanaan, pengelolaan, dan pengembangan seluruh teks, gambar, video, dan konten lainnya untuk menciptakan sebuah situs website multimedia modern. Strategi konten berfokus pada perencanaan, pembuatan, pengiriman, dan tata kelola konten. Konten tidak hanya mencakup kata‐kata di halaman, tetapi juga gambar dan multimedia yang digunakan. Sehingga dapat dipastikan konten yang dimiliki berguna dan bermanfaat serta sesuai dengan tujuannya, yang terstruktur dengan baik dan mudah ditemukan oleh pengguna. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna dari sebuah situs website.

Google Trends merupakan grafik statistik pencarian Website yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Hasil dapat ditampilkan menurut kota, wilayah atau bahasa. Berita‐berita terkait topik yang menjadi tren juga ditampilkan di sini. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa membandingkan topik‐topik favoritnya dengan topik‐topik yang diminati di seluruh dunia. Google Trends juga akan menampilkan seberapa sering suatu topik muncul di Google News, dan di kawasan mana topik tersebut paling banyak dicari. Di Google Trends seseorang dapat mencari tahu seberapa banyak orang mencari kata kunci yang dipakai dan dari mana asal orang yang mencari kata kunci tersebut. Google Trends juga dapat berguna sebagai bahan bagi para pengelola konten website untuk memilih topik website yang bagus di mesin pencarian Google.

Rank Alexa Berfungsi untuk menurunkan pagerank alexa pada website, karena penilaian alexa yaitu dengan cara menggunakan toolbar yang dipasang di tiap‐tiap browser setiap pengguna internet. Bahkan jika anda membuka website anda dengan memasang alexa toolbar sebelumnya maka itu sudah termasuk ke dalam perhitungan alexa.Jadi jika anda pengelola website aktif yang hampir setiap hari membuka website anda maka bukan tidak mungkin dalam satu bulan website anda sudah berada di posisi satu juta ke bawah. Jadi sangat rugi jika anda tidak memasang alexa toolbar.

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs website. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman yang dituju. Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google. 

Tinggalkan Balasan