Pentingnya Berorganisasi Bagi Para Pemuda

Categories: Materi

Pemuda Pada Zaman Dahulu
Pemuda Indonesia pada zaman dulu memang sudah membuktikan bahwa mereka tidak pantas untuk di pandang sebelah mata. Buktinya, Masih ingat kah dengan Boedi Oetomo???? Tentu anda semua masih ingat dengan Organisasi tersebut. Ya Boedi Oetomo adalah organisasi pemelopor kebangkitan nasional pertama di Indonesia. Boedi oetomo berdiri pada tahun 1908. Berlanjut lagi pada tahun 1928 para pemuda kita dengan gagah berani berhasil mengikrarkan sumpah mereka yg kita sebut dengan Sumpah Pemuda. Dan puncaknya pada tahun 1945 dimana saat itu generasi muda ikut andil dalam memplopori perjuangan kemerdekaan hingga akhirnya kita bisa benar-benar merasakan bagaimana merdeka. Rentetan sejarah ini memperlihatkan pada kita betapa besar perubahan yang dapat dilakukan oleh pemuda. Tak dapat dielakkan lagi maju mundurnya suatu bangsa tergantung dari sentuhan-sentuhan yang dapat dilakukan oleh generasi muda.

Pemuda Pada Zaman Sekarang
Kita lihat pemuda sekarang, calon pemimpin masa depan. Dewasa ini sering kali kita lihat di media-media berbagai problematika dari obat-obatan, minum-minuman keras, tawuran hingga pengangguran sering kali menimpa pemuda kita. Di sini baru terlihat eksistensi seorang pemuda lebih terlihat sebagai beban ketimbang harapan. Sungguh ironis memang, mengingat SDM pemuda yang kita miliki tidaklah buruk.Padahal sudah berulang kali generasi muda kita berhasil memenangkan berbagai kejuaraan di pentas dunia. Namun apalah arti sebuah kegeniusan apabila tidak diimbangi dengan kesadaran akan pentingnya bekerja dalam tim.

Peran Organisasi
Tanpa kita sadari, disinilah peran organisasi sangatlah dibutuhkan. Dimana dari sinilah pemikiran-pemikiran hasil bentukan pemuda ditampung yang kemudian diwujudkan dengan pergerakan-pergerakan yang bertujuan untuk kebaikan bersama. Disini pula para pemuda mampu mengembangkan diri membentuk pendewasaan pikiran serta melakukan daya analisis tinggi, dan yang terpenting adalah kemauan bekereja dalam tim. Hanya dengan bersatu perubahan dapat kita lakukan.
Namun nampaknya peran organisasi sendiri masih seringkali dipandang sebelah mata oleh segelintir orang. Yang mereka lihat organisasi adalah suatu kelompok yang beranggotakan orang-orang yang suka merusak, pemalas, ataupun orang-orang yang hanya bisa berkoar-koar belaka tanpa ada tindakan. Padahal kenyataannya sungguhlah tidak demikian. Hanya saja mereka yang tidak paham akan makna pentingnya suatu organisasi dalam membangun suatu bangsa.

Kesimpulan
Oleh karena itu marilah kita tanamkan pada diri kita sendiri semangat kebersamaan dan persatuan. Kita bangkitkan kembali semangat pemuda terdahulu. Kita tunjukkan bahwa kita bisa melakukan perubahan yang baik pada dunia. Kita perangi bersama orang-orang yang memandang sebelah mata organisasi, karena mereka semua adalah pembunuh kreatifitas. Ayo Bangkit Pemuda!!!

Sumber: http://randyyogaprastyo.blogspot.com/2012/10/pentingnya-berorganisasi-bagi-para.html 

Tinggalkan Balasan