Bagaimana Cara Memulai Sebuah Investigasi yang Efektif?

  • 14:00
  • Bukan hanya itu pada kelas berbagi ini juga akan coba menjawab pertanyaan lain tentang apa saja yang diperlukan dalam sebuah investigasi? Bagaimana menjadi seorang investigator?

Tempat: Rumah Kemuning Jakarta I, Pukul: 15.00 – 17.00 WIB

Secara sederhana investigasi bisa didefinisikan sebagai upaya pembuktian, upaya pencarian dan pengumpulan data, informasi dan temuan lainnya untuk mengetahui kebenaran atau bahkan kesalahan dari sebuah fakta. Melakukan kegiatan investigatif sebenarnya bukan hanya sekedar mengumpulkan ribuan data atau temuan di lapangan, tetapi juga kembali menyusun berbagai informasi yang berakhir dengan kesimpulan atas rangkaian temuan dan susunan kejadian.

Setiap kegiatan investigasi harus memiliki tujuan, contohnya adalah memberhentikan manajemen, melindungi reputasi karyawan yang tidak bersalah, menemukan dokumen yang relevan, menemukan aset yang digelapkan, memastikan institusi publik terbebas dari penjarahan, mengidentifikasi saksi dan korban serta menemukan bukti hukum untuk pengadilan.

Investigasi dilakukan untuk mengungkap fakta yang merugikan-masyarakat umum (publik) baik secara langsung maupun tidak. Persoalan yang menyangkut kepentingan bersama dan cukup masuk akal mempengaruhi kehidupan sosial mayoritas masyarakat umum. Adanya indikasi bahwa pihak-pihak tertentu mencoba untuk menyembunyikan kejanggalan dari hadapan public. Dalam Konteks korupsi harus ada indikasi yang memenuhi unsur korupsi.

Karakteristik investigasi ada 3 hal yaitu:

  1. Membongkar sindikasi dan jaringan informasi tertutup. Biasanya, kejahatan (korupsi) dilakukan oleh sindikasi (jaringan) dan dilakukan diruang rPemang-remang (tertutup).
  2. Memakan waktu yang cukup lama. Investigasi biasanya membutuhkan waktu yang tidak cepat.
  3. Dibutuhkan kemampuan khusus. Investigator perlu menguasai teknik investigasi agar memperoleh kisah sukses dalam kegiatan investigasinya.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa investigasi adalah upaya penelitian, penyelidikan, pengusutan, pencarian, pemeriksaan dan pengumpulan data, informasi, dan temuan lainnya untuk mengetahui / membuktikan kebenaran atau bahkan kesalahan sebuah fakta yang kemudian menyajikan kesimpulan atas rangkaian temuan dan susunan kejadian.

Kelas berbagi Q3 [kyutri] dengan durasi 3 jam dan di pandu oleh narasumber yang berkompeten mencoba menjawab pertanyaan besar diatas, dengan pemaparan yang singkat dan dapat dipahami. Bukan hanya itu pada kelas berbagi ini juga akan coba menjawab pertanyaan lain tentang apa saja yang diperlukan dalam sebuah investigasi? Bagaimana menjadi seorang investigator?