Bagaimana Mengelola Volunteer Dalam Sebuah Organisasi?

  • 11:00
  • Volunteer adalah seseorang yang secara suka rela menyumbangkan waktu, tenaga, pikiran dan keahliannya untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan uoah atau gaji atas apa yang telah di lakukan.

Tempat : Kantor AMAN, Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 11 H Kelurahan: Tebet Timur Kecamatan: Tebet, Jakarta Selatan.

Waktu: 11.00-14.00 WIB

Hari/Tanggal : Sabtu, 12 Juli 2014

Volunteer atau relawan adalah seorang yang secara suka rela (uncoerced) menyumbangkan waktu, tenaga, pikiran dan keahliannya untuk menolong orang lain (help others) dan sadar bahwa tidak akan mendapatkan upah atau gaji atas apa yang telah disumbangkan (unremunerated).

Menjadi relawan adalah salah satu aktivitas yang dapat dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai wujud kepedulian dan komitmennya terhadap sebuah visi tertentu. Dilihat dari pola pelaksanaannya, ada tiga pola kerelawanan yang saat ini berkembang.

Pertama, kegiatan kerelawanan yang dilakukan oleh individual dan tidak dikoordinir oleh lembaga atau organisasi tertentu. Aktivitas ini banyak berlangsung di masyarakat, namun sulit untuk diukur ataupun diteliti karena dianggap sebagai kegiatan rutin harian.

Kedua, kegiatan kerelawanan yang dikoordinir oleh kelompok, organisasi, atau perusahaan tertentu, namun bersifat insidentil atau dilakukan secara tidak kontinyu. Misalnya, kegiatan bakti sosial dan donor darah dalam rangka ulang tahun lembaga atau perusahaan. Ketiga, kegiatan kerelawanan yang dikelola kelompok atau organisasi secara profesional dan kontinyu.

Pola ketiga ini ditandai dengan adanya komitmen yang kuat dari relawan (baik tertulis maupun lisan) untuk terlibat aktif dalam kegiatan yang dilakukan, adanya aktivitas yang rutin dan kontinyu, serta adanya divisi atau organisasi yang khusus merekrut dan mengelola para relawan secara profesional.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan Volunteer adalah seseorang yang secara suka rela menyumbangkan waktu, tenaga, pikiran dan keahliannya untuk menolong orang lain tanpa mengharapkan uoah atau gaji atas apa yang telah di lakukan.

Kelas berbagi Q3 [kyutri] dengan durasi 3 jam dan di pandu oleh narasumber yang berkompeten mencoba menjawab pertanyaan besar diatas, dengan pemaparan yang singkat dan dapat dipahami. Bukan hanya itu pada kelas berbagi ini juga akan coba menjawab pertanyaan lain tentang Bagaimana menjadi volunteer yang baik? Bagaimana mengelola volunteer untuk sebuah organisasi?