Belajar Desain dengan Photoshop

  • 15:00
  • Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.

Tempat : Rumah Kemuning, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Hari/Tanggal: Jumat, 26 September 2014

Waktu: 15.00-18.00 WIB

Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetika, dan berbagai macam aspek lainnya, dengan sumber data yang didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini, proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul istilah “perancangan proses”. Salah satu contoh dari perancangan proses adalah perancangan proses dalam industri kimia.

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.

Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite):

  • Versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2
  • Versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3
  • Versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4
  • Versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 dan
  • Versi yang terakhir (ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa desain dengan menggunakan photoshop yaitu proses untuk membuat dan menciptakan obyek yang memiliki nilai seni dengan menggunakan perangkat lunak editor citra buatan.

Kelas berbagi Q3 [kyutri] dengan durasi 3 jam dan di pandu oleh narasumber yang berkompeten mencoba menjawab pertanyaan besar diatas, dengan pemaparan yang singkat dan dapat dipahami. Bukan hanya itu pada kelas berbagi ini juga akan coba menjawab pertanyaan lain tentang bagaimana membuat desain dengan menggunakan photoshop? Apa saja tips dan trik membuat desain yang menarik?