Instagram sebagai Gerakan Sosial

  • 15:00
  • Instagram sebagai Gerakan Sosial

Instagram merupakan media populer yang digandrungi masyarakat dunia saat ini. Tercatat, lebih dari 300 juta pengguna instagram di dunia. Mengusung konsep sederhana, “hanya” penghimpun gambar. Kesederhanaan Instagram justru menjadi senjata pamungkas untuk menarik hati netizen.

Saat ini Instagram pun sudah digunakan untuk mendukung gerakan sosial di beberapa negara. Contohnya yaitu seorang fotografer perempuan asal Swedia, Malin Fezehai. Malin adalah salah satu kontributor untuk akun instagram kenamaan, @everydayUSA, Malin bersama beberapa fotografer lainnya Malin bersama beberapa fotografer lainnya memiliki visi untuk menyampaikan cerita visual dan rasa yang tertinggal dari tiap sudut tempat di Amerika Serikat. Selain itu Ia juga bisa memanfaatkan Instagram untuk menggalang dana.

Selain itu, ada Andri Tambunan, seorang fotografer kondang yang kerap membidik realitas sosial melalui kameranya. Perhatiannya terutama tertuju pada lingkungan, hak asasi, dan isu sosial lainnya. Andri membungkus cerita tentang HIV dan epidemik di Papua melalui instagram. Andri berharap masyarakat yang tidak melihat langsung, bisa turut merasakan dan mengetahui Lebih jauh agar turut memikirkan cara reduksi wabah ini.

Kelas kyutri kali ini akan membahas tentang bagaimana memanfaatkan instagram untuk mendukung aktivitas organisasi masyarakat sipil, baik untuk kegiatan kampanye, edukasi, maupun kegiatan lainnya.

Tempat: Rumah Kemuning

Hari/Tanggal: Jumat, 28 Agustus 2015

Waktu: 15.00-18.00 WIB

Narasumber: Rico Huang