Sosialisasi Bantuan Hukum di Indonesia

  • 15:00
  • Perkembangan zaman juga mengiringi perkembangan HAM ini namun begitu banyak pula dengan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan kepada sesama.

Tempat: Rumah Kemuning

Hari/Tanggal: Jumat, 14 November 2014

Waktu: 14.00-17.00 WIB

Pengertian hak asasi manusia (HAM) adalah hak dasar yang hakiki dimiliki oleh manusia sejak di lahirkan di muka bumi ini. Ketika mulai menjalani kehidupan, manusia memiliki sejumlah hak yang secara kodrat telah ada dalam diri setiap individu. Hak-hak dasar inilah yang disebut dengan hak asasi manusia yang keberadaannya tidak bisa di ganggu gugat. Perkembangan zaman juga mengiringi perkembangan HAM ini namun begitu banyak pula dengan pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan kepada sesama.

Kebebasan yang diniliki manusia secara kodratnya melekat pada diri manusia dan membuat manusia sadar akan keinginannya untuk hidup bahagia. Akal budi dan nuraninya, mendapat kebebasan untuk memutuskan sendiri apa yang diinginkannya. Yang kemudian di imbangi rasa tanggung jawab atas apa yang dilakukannya.

Jenis-jenis Hak Asasi Manusia

Pada pengertian hak asasi manusia di atas, meliputu berbagai kebebasan yang terbagi menjadi ke dalam jenis hak asasi manusia seperti berikut :

  1. Hak asasi pribadi (Personal Right)
  2. Hak Asasi Ekonomi (Property Rigth)
  3. Hak asasi hukum (Legal Equality Right)
  4. Hak asasi politik (Political Right)

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Hak Asasi Manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh Negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.”

Kelas berbagi Q3 [kyutri] dengan durasi 3 jam dan di pandu oleh narasumber yang berkompeten mencoba menjawab pertanyaan besar diatas, dengan pemaparan yang singkat dan dapat dipahami. Bukan hanya itu pada kelas berbagi ini juga akan coba menjawab pertanyaan lain tentang Bagaimana HAM di Indonesia? Apa saja masalah paling besar di bidang hak asasi manusia di Indonesia?